SMAN6CIMAHI - Kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan MGMP dan KKG dilingkungan Cabang dinas pendidikan Wil VII dengan nara sumber dari kepala seksi pelayanan pendidikan Jawa Barat Dr. Hj. Siti Sadiah Yuningsih, M.M.Pd.

Berikut kesimpulan hasil wawancara admin dengan salah satu peserta workshop Perwakilan MGMP TIK Kota Cimahi Raden Hana Amalia, ST. 

"MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) adalah tulang punggung sekolah, merupakan wadah untuk meningkatkan kompetensi, skill dan profesionalitas guru sehingga bisa terjadi peningkatan mutu pelayanan terhadap peserta didik.

Dengan MGMP ini diharapkan bisa menjadi tempat diskusi, sharing guru-guru untuk segala macam kendala dalam pembelajaran. Guru harus paham bahwa tidak ada sesuatu yang tetap, yang pasti selalu ada perubahan, untuk itu guru pun harus berubah dengan kata lain dinamis mengikuti perkembangan jaman.

“Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya”, ujar Ki Hajar Dewantara.
Maka menjadi tantangan dan peluang guru dalam era digitalisasi untuk menghadapi peserta didik generasi millenial, yaitu seorang guru harus memiliki 4 kompetensi, yaitu ko mpetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial.
Guru harus mampu mengadaptasikan kompetensi tersebut dengan karakteristik anak millenial, yang mempunyai kecenderungan melek teknologi, berpikiran terbuka, berperilaku instan, mudah bosan, ambisius, self development, dsb.

Di jaman ini, pembelajaran tidak hanya fokus kepada kemampuan kognitif, tapi juga sejumlah  keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut dikenal dengan istilah 4C pembelajaran abad 21 : critical thinking, creativity, collaboration dan communication.",  Kamis,(03/02/2022)

Perwakilan MGMP Kota Cimahi dari SMAN 6 Cimahi